Info Pasar

Kaltim Tingkatkan Kualitas Produk UMKM untuk Pasar Internasional

Ketua Dekranasda Kaltim, Hj Norbaiti Isran Noor

TANJUNG REDEB, TimeBorneo.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor menyaksikan pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Kamis (15/4/2021).

Pengurus Dekranasda Berau dilantik oleh Ketua Dekranasda Berau Sri Aslinda Gamalis.

Norbaiti Isran Noor mengatakan peran Dekranasda Berau sangat penting mengingat potensi wisata di Berau yang menjangkau internasional. Sehingga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, baik dalam segi bahasa dan kreativitas.

"Peranan Dekranasda Berau bagaimana cara agar usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa berkembang. Kreativitas dalam mengolah makanan dan souvenir sangat dibutuhkan. Bagaimana mengolah makanan khas Berau yang bisa masuk pasar internasional. Tak hanya segi rasa, pengemasan dan penampilan sangat penting," tutur Norbaiti seperti dikutip TimeBorneo.com dari Kaltimprov.go.id.

Dalam rangkaian pelantikan Dekranasda Berau, dilaunching website Dekranasda Berau. Website ini merupakan market place agar pelalu UMKM dapat dengan mudah menjual produk-produk olahan hingga ke mancanegara.

"Saya bangga dengan inovasi ini dan semoga UMKM dapat naik kelas. Produk yang dibuat semakin baik kualitasnya. Jangan sampai produk asli dengan fotonya tidak sesuai. Kita harus teliti dan jujur agar pembeli tidak kecewa," pesan Norbaiti.

Ketua Dekranasda Berau Sri Aslinda Gamalis mengatakan Dekranasda Berau terus berbenah. Dekranasda akan membuat UKM Centre agar memudahkan wisatawan berbelanja produk-produk asli Berau.

"Tujuan Dekranasda adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi daerah agar kualitas produk semakin baik," tutur Aslinda. Hadir dalam kegiatan tersebit Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

Komentar

Loading...