Rabies

Lima Warga Sungai Muntik Kabupaten Sanggau Digigit Anjing Rabies

SANGGAU, TimeBorneo.com - Dalam dua hari berturut- turut lima warga Desa Sungai Muntik, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, beberapa waktu lalu diduga digigit anjing gila atau rabies.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu ketika dikonfirmasi membenarkan, bahwa peristiwa gigitan itu terjadi pada 9 dan 10 April 2021 lalu.

“Lima orang yang tergigit berasal dari dua anjing yang diduga terinfeksi virus rabies. Anjing yang mengigit warga sudah dibunuh. Kondisi lima warga yang tergigit sekarang berangsur membaik," ujarnya, Jumat (30/4/2021).

Sarimin Sitepu mengatakan kejadian gigitan di wilayah tersebut belum termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies. Meski begitu pihaknya terus mewanti-wanti agar tak ada lagi gigitan anjing rabies di sana.

"Tentu pihak kita terus waspada agar kejadian serupa tak terulang kembali. Sehingga tak ada lagi warga yang menjadi korban gigitan anjing," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau, Syafriansah mengatakan, bahwa korban yang digigit sudah divaksin.

"Evaluasi terakhir korban sudah dinyatakan sembuh," ungkapnya.

Kadis Bunak mengatakan, untuk vaksin anjing-anjing di sana, pihaknya masih menunggu informasi dari Kepala Desa (Kades) setempat perihal penjadwalan, karena di sana masih PPKM.

"Jadi kita masih menunggu informasi selanjutnya. Memang untuk tahun ini belum divaksin, tapi tahun lalu sudah," tutupnya.

Komentar

Loading...