Tenaga Kerja

Satu Hari Jelang Larangan Mudik, Malaysia Deportasi PMI Bermasalah Melalui PLBN Entikong

ENTIKONG, TimeBorneo.com - Satu hari jelang pelarangan mudik pemerintah Malaysia kembali memulangkan Pekerja Migran  Indonesia Bermasalah ke tanah air melalui jalur perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau Propinsi Kalimantan Barat.

"pemulangan ini mendapat pendampingan khusus dari KJRI Kuching bekerjasama dengan pihak Imigrasi Malaysia, karena merupakan deportasi sebelum pemberlakuan larangan mudik di Indonesia,"ungkap, Ronny Fajar Purba,Staf teknis imigrasi KJRI Kuching,Rabu (5/5/2021).

Disampaikan Ronny, mereka ini (pekerja migran  Indonesia bermasalah) yang sudah bebas dari tahanan di tiga  Pusat Penjara Negara bagian Sarawak Malaysia,antara lain penjara Bekenu,Penjara Semunja dan penjara Puncak Borneo.

"Pemulangan ini ada 72 orang PMI bermasalah asal Kalbar. Sebelum dideportasi mereka sudah menjalani swab di Malaysia dengan hasil negativ."kata Ronny Fajar Purba.

Lanjut Ronni,  72 PMI -B yang di pulangkan dari jalur distrik Tebedu-Entikong ini sudah melalui masa tahanan, antara 3 sampai 6 bulan, dengan kebanyakan melanggar undang-undang ke imigrasian negara setempat.

Selain itu, KJRI Kuching juga mendampingi pemulangan 1 PMI  repatriasi asal Singkawang Propinsi Kalimantan dengan kasus terlibat kegiatan judi online di wilayah Kuching Sarawak Malaysia.

"Sedang terkait kebijakan larangan mudik dalam negeri dari Pemerintah Indonesia, pihak KJRI Kuching, sudah berkoordinasi dengan pihak Malaysia, agar menghentikan sementara proses deportasi WNI, sampai batas waktu yang di tentukan," tegas Ronni

Komentar

Loading...