Penipuan

Penipuan Lelang Palsu Mengatasnamakan Bea Cukai Entikong

ENTIKONG, TimeBorneo.com - Belakangan ini, ada kasus penipuan oleh oknum mengatasnamakan Bea Cukai Entikong, Kalbar. Salah satunya bermodus lelang palsu, yang kerap digunakan untuk mengelabui masyarakat.

Diungkapkan Ristola Nainggolan, belum lama ini terjadi kepada salah seorang  warga di Sanggau,  dihubungi seseorang yang mengaku sebagai Panitia Lelang selaku Pimpinan Bea Cukai dengan kop surat Kantor Bea Cukai Entikong dan menawarkan barang lelang berupa mobil dan smartphone dengan harga jauh dibawah harga pasar.

Bernasib baik dan berhati-hati,   yang bersangkutan kemudian mencari tahu kebenaran penawaran tersebut ke beberapa sahabat dan akhirnya diindikasikan bahwa penawaran tersebut merupakan upaya penipuan.

"Belajar dari kasus itu,masyarakat harus berhati-hati ketika dihubungi nomor yang tidak dikenali.serta tidak panik tentunya tidak juga mudah percaya supaya terhindar dari penipuan," kata kepala Bea cukai Entikong, Ristola nainggolan,Selasa (18/5/2021).

Ristola  menjelaskan modus pelaku biasanya menawarkan lelang barang sitaan Bea Cukai melalui beberapa saluran di antaranya, media sosial, whatsApp group.

Kemudian seringkali harga yang dicantumkan dalam lelang palsu itu sangat murah dengan embel-embel barang sitaan atau barang lelang Bea Cukai agar calon korban semakin tergiur.

"Bea Cukai tidak pernah melakukan lelang lewat medsos, pesan WA, atau semacamnya, lelang resmi akan selalu ditampilkan di website. Kalau pun ada pengumuman di medsos, maka akan tetap diarahkan ke website resmi," ujar Ristola Nainggolan.

Agar terhindar dari penipuan lelang, Ristola Nainggolan menyarankan masyarakat yang berminat mengikuti lelang resmi dapat langsung mengunjungi website penyelenggara. Uang yang digunakan sebagai jaminan lelang harus disetorkan ke rekening penampungan lelang yang tercantum dalam pengumuman atau melalui virtual account rekening penampungan lelang.

Ristola Nainggolan menekankan bahwa lelang Bea Cukai ataupun Kementerian Keuangan tidak pernah menggunakan rekening atas nama pribadi dan tidak pernah menjanjikan kepada pihak manapun yang menjadi peserta lelang untuk bisa menjadi pemenang lelang.

Jika ada menemukan atau dihubungi oknum penipu lelang palsu silahkan laporkan dan konfirmasi melalui linktr.ee/bravobeacukai atau akun media sosial resmi Bea Cukai untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Komentar

Loading...