Covid-19

Penambang Kapal Klotok Di Sekadau Berharap Penghasilan Semakin Membaik

SEKADAU, TimeBorneo.com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak tak pandang bulu terhadap seluruh aspek kehidupan. Para penambang kapal klotok di daerah Sekadau pun turut merasakan dampak tersebut. Akan tetapi, dalam beberapa bulan pendapatan penambang klotok mulai membaik.

Darwis, seorang penambang klotok asal Desa seberang Kapuas menyebutkan kini pendapatan dari menambang mulai berangsur - angsur membaik karena aktivitas masyarakat sudah hampir berjalan seperti biasanya.

“Penghasilan dari menambang menggunakan Klotok tidak terlepas dari mulai normalnya aktivitas masyarakat yang menyeberang dari seberang kapuas menuju pasar sekadau maupun sebaliknya. Kalau pendapatan sih tergantung cuaca ya, kalau musim hujan biasanya agak berkurang. Sekali nyebrang pakai motor 20.000 plus dua orang penumpang, kalau hanya hitungan manusianya per satu orangnya 5.000 sekali nyebrang," tuturnya.

Darwis menceritakan dirinya mulai melakukan aktivitas menambang klotok dari jam 7 pagi hingga malam hari.

Menurut Darwis diawal-awal munculnya covid-19 mencari penghasilan dari menambang menggunakan klotok memang terasa sulit karena adanya pembatasan warga melakukan aktivitas keluar rumah.

Darwis pun berharap pandemi segera berakhir sehingga masyarakat khususnya diwilayah Seberang Kapuas bisa melakukan aktivitas dengan normal yang juga berdampak terhadap penghasilannya sebagai penambang klotok.

Komentar

Loading...