Satwa

Bksda Kalteng Kembali Lepasliarkan 7 Orangutan

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan mitra Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) serta para pihak lainnya melepasliarkan Tujuh (7) Orangutan hasil rehabilitasi ke hutan alami di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) seperti diberitakan Kaltengtoday.com [Jaringan TimeBorneo.com].

Indra Exploitasia, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Ditjen (KSDAE) menjelaskan Pemerintah berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia melalui upaya konservasi yang sistematis yakni perlindungan sistem pendukung kehidupan, pelestarian keanekaragaman spesies dan ekosistemnya dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

“Meskipun masih di tengah pandemi covid-19, namun menurutnya lagi kerja – kerja konservasi tetap berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelepasliaran orangutan ini,” sebutnya.

Orangutan merupakan salah satu spesies kera besar yang keberadaannya sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan ekosistem.

Orangutan Kalimantan atau dikenal dengan nama lain Pongopygmaeus merupakan satwa yang dilindungi UU No. 5 tahun 1990 dan berstatus sangat terancam punah atau critically endangered dalam daftar merah IUCN.

Komentar

Loading...