Ekonomi

Ekonomi Kalteng Alami Kontraksi, BI: Optimis Pemulihan Ekonomi

Kepala Perwakilan  Bank Indonesia (BI) Kalteng Rihando 

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com - Kepala Perwakilan  Bank Indonesia (BI) Kalteng Rihando  menceritakan, saat ini kondisi ekonomi Kalteng selama Triwulan I- 2021 mengalami kontraksi  (pertumbuhan negatif)  dibanding tahun sebelumnya (2020), namun Rihando optimis pemulihan ekonomi akan berjalan baik apabila daerah ini  menerapkan necessary condition dan sufficient condition lebih ketat, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [Jaringan TimeBorneo.com].

Necessary condition yaitu vaksinasi dan protokol kesehatan yang disiplin serta bersinergi dalam menjalankan lima strategi respons kebijakan yang menjadi sufficient condition.

 

“Contohnya,  pembukaan sektor produktif dan aman,  percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran),  peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran,  stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial, dan  digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM,”ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis  (10/6/2021).

 

Terjadinya kontraksi ini bersumber dari melambatnya kinerja lapangan usaha (LU) pertambangan dan penggalian, LU Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dan LU Konstruksi.

“BI kalteng berkomitmen untuk membantu dan mendukung  upaya –upaya dalam rangka mewujudkan pemulihan ekonomi di Provinsi Kalimantan Tengah kedepan, bentuk dukungan itu antara lain BI Kalteng dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membangun website UMKM dan Pariwisata digital Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini  secara resmi akan di-launching pada tanggal 24 Juni 2021 pada puncak acara Festival UMKM dan Pariwisata Digital ‘Pesona Bumi Tambun Bungai 2021’  di Kota Palangka Raya.

Komentar

Loading...