Pemda

Kepala Diskominfo Kaltim Ajak Masyarakat Desa Untuk Melek Digital

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal saat menjadi narasumber pada pembekalan KKN angkatan 47 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (LP2M) Univeritas Mulawarman melalui apliaksi zoom meeting

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi  Kalimantan Timur,  Muhammad Faisal  mengajak masyarakat desa untuk melek digital saat menjadi narasumber pada pembekalan KKN angkatan 47 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (LP2M) Univeritas Mulawarman melalui apliaksi zoom meeting, pada Sabtu (12/6/2021) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Muhammad Faisal kemudian menuturkan era perkembangan teknologi informasi memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Dimana desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

Bukan hanya melek digital tapi dengan melek masyarakat bisa meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Dimasa pandemi saat ini meningkatkan pengetahuan secara online dan ini bergantung dengan digital, jaringan dan bergantung juga dengan skill digital dan mindset digitalisasi masyarakat.

Untuk mendukung ini Pemerintah harus meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara tepat, cepat dan efisien.

Apabila masyarakat sudah memahami tentang digital, maka pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi selanjutnya tugas Pemerintah membangun infrastruktur digital.

Ada lima hal penting dalam pengembangan desa digital yakni power, infrastruktur jaringan dan perangkat, software, literasi digital dan pendampingan. Lima hal ini sangat penting sekali.

Ia pun berpesan kepada mahasiswa maupun mahasiswi yang akan KKN nantinya dapat mengedukasi masyarakat untuk mendapatkan hal positif dari internet tanpa batas.

Komentar

Loading...