Parlementaria

Aktifitas Tambang Pasir Mulai Meresahkan, Warga Datangi Kantor DPRD

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan

BALANGAN, TimeBorneo.com – Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir yang ada di lingkungan desa mereka, pada Rabu (16/6/2021) diberitakan dalam Habarkalimantan.com [Jaringan TimeBorneo.com].

Perwakilan warga Badalungga, Sumidri menyampaikan kegiatan pertambangan yang ada di desa mereka mulai meresahkan dan berdampak tidak baik ke desa mereka hingga menyebabkan air sungai di Desa menjadi keruh.

Samsudinor anggota komisi III DPRD Kabupaten Balangan mempertanyakan perizinan dari galian C tersebut kepada Dinas Perizinan Kabupaten Balangan.

“Saya mempertanyakan kewenangan Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Perizinan Kabupaten dalam menyikapi aduan masyarakat hari ini, apabila dokumen perizinan memang belum ada, Dinas terkait harus mengambil keputusan dalam menanggapi permintaan masyarakat ini,” tambahnya.

Kabid Perizinan Hasan Not Arifin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), menuturkan bahwa sampai saat ini pihaknya tidak ada menerima dokumen yang menyatakan galian C tersebut sudah berizin dikarekan hal tersebut bukan wewenang dari kabupaten.

Kabid Perizinan ini juga mengutarakan bahwa berdasarkan hasil penelusuran mereka ke lapangan, pemilik galian tersebut juga mengaku belum mengantongi dokumen perizinan.

Hasil dari pertemuan tersebut menyimpulkan Pihak Pemerintah Daerah dan DPRD Balangan mengakomodir aspirasi dari masyarakat dengan mengirimkan surat ke Kementrian ESDM, Gubernur dan Polda Kalimantan Selatan untuk menutup kegiatan galian C tersebut.

Komentar

Loading...