Pemda

Harus Jadi Perhatian, Sutarmidji: Fokus Pembangunan Desa

Gubernur Kalbar tandatangani Naskah Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Grup Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

PONTIANAK, TimeBorneo.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji hadiri Penandatanganan Naskah Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Grup Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Kalbar Tahun 2021 bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar Jl. A.Yani Pontianak, pada Kamis (17/7/2021).

Gubernur Kalbar tegaskan desa harus menjadi perhatian. Pemerintah harus fokus pada pembangunan desa dikarenakan banyak hal yang harus ditelusuri, seperti elemen ataupun variabel-variabel dalam kehidupan di desa.

Desa yang menjadi desa mandiri atau desa maju merupakan tanggung jawab dari Bupati Kabupaten masing-masing.  Adanya sinergi antara perusahaan perkebunan dari desa tersebut, agar ikut ambil bagian dalam membangun desa mandiri.

“Saya ambil contoh kemarin ada 464 desa yang tidak dialiri listrik, sekarang tinggal 323 dan tahun ini Insyaallah ada 76 desa yang akan masuk listrik dan paling banyak Sintang 18 desa, Bengkayang 15 desa, Sanggau dan Landak ada 4 sampai 5 desa, dan Kabupaten lainnya,” tutur Sutarmidji.

Orang nomor 1 di Kalimantan Barat itu juga berharap, perusahaan perkebunanan dapat memberikan kontribusinya terhadap status kemajuan desa. Tidak hanya itu, yang paling penting masalah infrastruktur seperti jalan. Kalau ada sinergi antara pengusaha, maka akan membuat percepatan kesejahteraan masyarakat Kalbar itu sendiri.

Komentar

Loading...