Pemda

M Syirajudin Minta Lima Desa Terbaik Untuk Di Serahkan Ke DPMPD Kaltim

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan melakukan penilaian pelaksanaan keterbukaan informasi publik bagi desa-desa di seluruh Indonesia seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

“DPMPD Kaltim akan meminta DPMD Kabupaten untuk merekomendasikan setidaknya lima desa yang dinilai terbaik dalam  pengelolaan dan pelayanan informasi desa. Data dimaksud paling lambat diserahkan ke DPMPD Kaltim  pada 28 Juni 2021,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin.

Penilaian ini merupakan program kerjasama Kemendes PDTT dengan Komisi Informasi Pusat dalam melakukan monitoring dan memberikan apresiasi kepada desa dalam melakukan pelayanan dan penyediaan informasi publik. Ini merupakan implementasi Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2018 tentang standar layanan informasi publik desa.

SDM harus memiliki PPID/tim pelayanan keterbukaan informasi publik, memiliki SK terkait pelayanan keterbukaan informasi publik, pernah mengikuti peningkatan kapasitas terkait pelayanan keterbukaan informasi publik di desa, desa pernah mengadakan sosialisasi keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, dan mendapatkan pendampingan pendamping desa terkait keterbukaan informasi publik.

Adapun kriteria penilaian desa terdiri dari dua komponen yakni komitmen dengan bobot 60 persen dan  SDM dengan bobot 40 persen yang terdiri dari desa yang memiliki perdes dan perkades terkait keterbukaan/layanan informasi, memiliki anggaran khusus pelayanan informasi publik, dan memiliki sistem informasi desa.

Komentar

Loading...