Pemda

Launching CMS Desa, Karolin Sebut Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Bisa Adaptasi

LANDAK, TimeBorneo.com - Guna menerapkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel berbasis non tunai, Pemerintah Kabupaten Landak launching Cash Mangement System (CMS) bagi Desa di Kabupaten Landak.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa juga mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini menuntut penyelenggaraan pemerintahan untuk dapat beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dikatakannya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kualitas kerja yang lebih produktif dan efisien.

Pemberlakuan pengelolaan anggaran berbasis non tunai tersebut secara resmi diluncurkan bekerjasama dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar). Penerapan sistem pembayaran CMS tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Landak dalam mendukung terlaksananya transparansi pengelolaan keuangan dana desa.

"Dengan adanya sistem ini pengelolaan keuangan desa kita lebih tertata, transparan, akuntabel serta terlaksana dengan baik. Kita juga berharap kepada pihak Bank Kalbar selaku penyedia sistem supaya aplikasi ini terus dikembangkan dan memperhatikan kepentingan pengguna layanan. Misalnya layanan yang memiliki 5 tahapan dipangkas menjadi 2 tahapan hingga menjadi lebih ringkas," ucap Karolin.

Kepala Desa Hilir Kantor Yohanes saat ditemui dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Landak yang sudah mendukung dalam menata keuangan desa, juga kepada pihak BPD Kalbar yang telah menyediakan sistem ini. Adanya sistem CMS sangat membantu dalam mengelola keuangan, terlebih hal ini dapat mewujudkan sistem keuangan yang transparan guna meningkatkan kepercayaan warga kepada desa dalam mengelola keuangan desa.

Komentar

Loading...