Faktor Ekonomi Akibatkan Jevanya Alami Stunting

Jevanya (2) Saat ditemui dirumahnya

BENGKAYANG, TimeBorneo.com – Di Kabupaten Bengkayang seorang anak bernama Jevanya adalah anak ke-3 dari pasangan suami-istri Buyung dan Esterina mengalami gizi buruk atau Stunting, keluarga kecil ini tinggal di dusun Sabide RT.06 Batu Bide Desa Bhakti Mulya Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.

Esterina ibu kandung Jevanya menuturkan, kondisi sulit ekonomi menjadi faktor utama sehingga tidak bisa membawa anaknya berobat saat anaknya mengalami sakit, apalagi suaminya juga bekerja sebagai pendulang emas juga sering tidak mendapatkan hasil. Setiap hari dirinya bekerja sebagai buruh tani dengan upah yang seadanya.

Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama, hal tersebut yang kemudian membuat pertumbuhan tinggi badan anak terhambat sehingga mengakibatkan dirinya tergolong stunting.

Terlihat kondisi Fitriani Reva Pasca perawatan saat sakit bekas selang medis hidung sebelah kirinya membengkak, sedangkan Jevanya adiknya yang tengah mengalami Stunting sangat memperihatinkan dengan tubuh yang kurus dan lemas, perlu pertolongan medis secepat mungkin.

"Kami kerap mendatangi rumah keluarga tersebut dan memberikan pengobatan serta bantuan ala kadarnya. Kami juga sudah memberikan formula untuk penanganan gizi kepada anak tersebut dan saat ini juga sedang berproses,” terang Kepala Puskesmas Bengkayang Enny N.

Komentar

Loading...