Pemda

Panen 7,3 Ton Padi, Rustam Massinai: Tanam Perdana Di Kalimantan Barat

SANGGAU, TimeBorneo.com - Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot melakukan panen perdana padi VUB Balitbangtan Demfarm VUB padi khusus dan VUB padi spesifik lokasi Kalimantan Barat, berlokasi di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau pada Kamis (15/7/2021).

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot sampaikan terdapat sarana pendukung untuk lebih meningkatkan hasil dari BPTP dan juga Anggota Komisi IV DPR RI. Pihaknya berharap terkait dengan pupuk ini agar menjadi perhatian, termasuk Alsintan dan lain-lain yang dibutuhkan para petani yang ada di sini (Desa Tunggal Bhakti) dan secara umum petani yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Sehingga Kabupaten Sanggau ini diharapkan menjadi tempat atau parometer ukuran keberhasilan yang sudah kita lakukan. Ada lima kabupaten/kota yang sudah melakukan tanam perdana padi varietas Inpari 36 dan Inpari 37. Tetapi yang sudah kita lakukan panen perdana di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau,” tambahnya.

Menurut Kepala Balai Pengkajian Pertanian Kalimantan Barat, Kementerian Pertanian RI, Rustam Massinai, pada panen perdana padi varietas Inpari 37 hasil panen  sebanyak 7,3 ton. Sebelumnya panen tahun lalu berjumlah  6,8 ton perhektarnya paling tinggi.

“Ini berasnya disenangi karena mirip dengan inpari 32 jenis pulen, ini juga perdana di Kalimantan Barat karena memang yang pertama ditanam itu di Kabupaten Sanggau. Ada lima lokasi yang kita lakukan penanamannya yakni Sanggau, Sambas, Mempawah, Landak dan Kuburaya,” jelas Kepala Balai Pengkajian Pertanian  Rustam Massinai.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania mengatakan hal ini merupakan sebuah prestasi dan dirinya mengaku memiliki cita-cita minimal ada satu atau dua titik bisa menjadi contoh yang skala besar dan menjadi contoh untuk kabupaten lain.

Komentar

Loading...