Pemda

Ulidal Muchtar: Wakaf Bisa Jadi Solusi Negara Dalam Ketahanan Pangan

SINTANG, TimeBorneo.com - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Ulidal Muchtar mewakili Wakil Bupati Sintang hadiri Pelantikan pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Sintang periode 2021-2024 bertempat di Pendopo Bupati Sintang, pada Jumat, (23/7/2021).

Wakaf mempunyai sejarah yang panjang dalam instrumen sosial dan ekonomi masyarakat indonesia, keberhasilan perwakafan dalam sejarah islam membuktikan bahwa wakaf mampu memberikan solusi jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat. Wakaf bisa menjadi solusi bagi negara dalam ekonomi pendidikan sosial dan ketahanan nasional.

“Pembentukan Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Sintang ini sejalan dengan visi Pembangunan Kabupaten Sintang, yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang religius, dengan terwujudnya masyarakat yang religius maka masyarakatnya akan mudah termotivasi untuk menjalankan ajaran agamanya dengan baik,” ungkap Ulidal.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sintang, H. Anuar Ahmad yang juga Ketua Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Sintang menjelaskan persoalan-persoalan yang dihadapi terkait wakaf di Sintang, salah satunya terkait sertifikat wakaf masih bermasalah secara administrasi, dari 317 tanah wakaf di Sintang, baru 186 yang bersertifikat.

“Tanah wakaf dipandang perlu untuk didorong agar menjadi lebih produktif, jika tempatnya strategis maka dapat digunakan peruntukkannya bukan hanya untuk masjid tetapi juga dapat menjadi nilai ekonomi yang berguna untuk umat,” tambahnya.

Komentar

Loading...