Peristiwa

2 Desa Di Kapuas Dapat Program KAT, Wahyu: Nanti Mereka Diberi Jatah Hidup

KAPUAS, TimeBorneo.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan melalui Kasi Perlindungan anak, Lansia dan KAT Wahyu menyebutkan tahun 2021 di Daerah non pasang surut Kecamatan Mandau Telawang mendapat program Komunitas Adat Terpencil (KAT) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

“Setiap desa bisa mengusulkan untuk mendapatkan program KAT, tetapi lokasi yang nanti di ditempat harus ada sumber mata air dan dibangun perahan baru serta hamparan tanah yang bisa bercocok tanam,” ucap Wahyu, pada Senin (26/7/2021).

Program KAT bertujuan memberdayakan masyarakat yang hidupnya terpencar sehingga pemerintah menginkan agar masyarakat yang terpencar disatukan dalam satu komunitas agar bisa diberdayakan dan saat ini yang sudah dilakukan oleh Dinsos adalah persiapan Program Keluarga Harapan (PKM), dimasyarakat baik itu melibatkan Disdukcapil, Pertanahan dan Perguruan Tinggi terkait lokasi tanah.

Kementrian Sosial RI melalui program Komunitas Adat Terpencil (KAT), untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat yang berda di pedalaman Desa Lawang Tamang dan Masuparia Kecamatan Mandau Telawang Kabupaten Kapuas Kalteng.

“Untuk Kabupaten Kapuas di Kecamtan Mandau Telawang ada dua Desa yang mendapatkan program ini yaitu Desa Lawang Tamang ada 51 Kepala Keluarga sedangkan Desa Masuparia ada 57 Kepala Keluarga. Nantinya mereka akan diberikan Jatah hidup serta diberikan program pemberdayaan diberikan pelatihan kemudian diberikan bibit perikanan dan peternakan, sesuai dengan karekteristik daerahnya,” tambah Wahyu.

Komentar

Loading...