Pemda

Tanggapi Desa Sangketa Pilkades, Herkulanus Roni: Buat Berita Acaranya

SINTANG, TimeBorneo.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni, sekaligus sebagai Sekretaris Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten Sintang turut hadir dalam pelaksanaan Dengar Pendapat dan Penyelesaian Perselisihan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Langkau Kita Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, pada Selasa (27/7/2021).

“Dalam tahapan pilkades ini, kita sudah sampai pada penyelesaian sengketa atas hasil pilkades. Saat ini keberatan sudah disampaikan pada Panwas Tingkat Desa, kalau di tingkat desa sudah mampu diselesaikan, dibuat berita acaranya,” kata Herkulanus Roni.

Apabila desa yang bersangkutan  tidak mampu menyelesaikan berita acara yang diminta oleh pihaknya dalam jangka waktu 10 hari, maka harus disampaikan ke panitia di kecamatan untuk diselesaikan juga dalam waktu 10 hari. Apabila tidak bisa diselesaikan selama 10 oleh panitia di kecamatan, baru diajukan ke panitia pilkades tingkat kabupaten.

“Di tingkat kabupaten paling lambat 20 hari sejak disampaikan. Kita akan membuat keputusan dan keputusan tingkat kabupaten bersifat final dan mengikat. Apabila calon kepala desa masih tidak menerima keputusan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Sintang, maka silakan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara di Pontianak,” tambahnya.

Komentar

Loading...