Peristiwa

Terjadi Penipuan, Pince: Murid di SMAN 1 Dusel Supaya Lebih Berhati-Hati

Wakil Kepala Sekolah (Kepsek) Bidang Kurikulum SMAN 1 Dusel, Pince

BARITO SELATAN, TimeBorneo.com – Sebanyak 34 siswa  di SMAN 1 Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan mengaku telah dihubungi melalui telepon oleh oknum yang mengaku sebagai salah satu guru di sekolah tersebut, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Dalam aksinya, oknum yang mengaku guru itu meminta data kartu keluarga serta data kepada sejumlah siswa untuk merubah nilai dan memberikan usulan beasiswa dari Disdik Provinsi Kalteng dengan meminta sejumlah biaya.

Wakil Kepala Sekolah (Kepsek) Bidang Kurikulum SMAN 1 Dusel, Pince menerangkan bahwa oknum yang mengaku sebagai guru tersebut mengatasnamakan Anito sebagai Wali Kelas X MIPA 6.

“Dari informasi Anito, oknum tersebut telah menghubungi sebanyak 34 siswa. Salah satunya siswa dihubungi, namun untungnya siswa itu tidak tertipu karena mengenali suara Anito yang asli. Tetapi salah satu siswa berhasil dikelabui sehingga sempat mengirimkan sejumlah uang,” ucap Pince pada Selasa (27/7/2021).

Ia juga menyampaikan, apabila kedepannya terjadi kembali maka pihaknya akan melaporkan hal itu ke pihak yang berwajib karena sudah mencoreng nama sekolah. Dengan adanya kejadian itu, ia mengimbau agar seluruh murid khususnya yang berada di SMAN 1 Dusel supaya lebih berhati-hati, serta para siswa wajib mengenali wajah maupun suara gurunya.

“Saat ditanya kemungkinan terjadi kebocoran data, dirinya menjawab bahwa tidak pernah membocorkan data ataupun adanya unsur ketidaksengajaan terjadinya kebocoran data. Namun jika mengingat kembali, kemarin ada salah satu orang dari kementerian dari jakarta hadir ke sekolah ini dulu, data guru, data sekolah bisa dicari sendiri di YouTube,” tambahnya.

Komentar

Loading...