Kriminalitas

Polresta Palangka Raya Amankan Tiga Orang Terduga Pelaku Pembakaran Hutan

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri gelar press release penanganan perkara tindak pidana karhutla, pada Rabu (28/7/2021) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri tetapkan tiga orang warga Palangka Raya, Kalteng berinisial AS (29), MS (20) dan T (38) yang diduga melakukan pembakaran lahan di Jalan Trans Kalimantan Km 23,4, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya,  pada Senin (26/7/2021).

Kejadian bermula saat para pelaku membersihkan lahan tersebut dengan menebas pohon-pohon kecil pada awal Bulan Juli Tahun 2021, yang mana lahan tersebut akan digunakan untuk menanam Talas Beneng.

Selanjutnya, pada tanggal 24 Juli 2021 para pelaku kemudian mengumpulkan bekas tebasannya yang telah mengering dengan membuat 30 tumpukan berjarak masing-masing 50 Meter, untuk dibakar.

Kemudian, pada tanggal 26 Juli 2021, para pelaku membakar tumpukan tersebut menggunakan korek api gas, diketahui cuaca pada hari itu sangat panas dan berangin sehingga membuat api bakaran cepat membesar.

Besarnya api tidak mampu  dipadamkan oleh para pelaku. Hingga pada tanggal 27 Juli 2021, karhutla pun berhasil dipadamkan oleh para petugas dari Manggala Agni.

“Lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dengan kedalaman bervariasi, ditumbuhi pohon-pohon kecil jenis Garanggang Tumih serta vegetasi tanaman lainnya berupa semak dan rerumputan,” jelas Jaladri.

Akibat perbuatan tersebut, terjadilah karhutla seluas 150 x 300 meter dari luas keseluruhan lahan yakni sekitar 6 Hektare.

Komentar

Loading...