Peristiwa

Yessy Melania: Masyarakat Fokus Pada Satu Komoditi

SINTANG, TimeBorneo.com – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto bersama anggota DPR RI Komisi IV, Yessy Melania hadiri reses dan dialog bersama masyarakat di Dusun Ansok, Desa Benua Kencana, Kecamatan Tempunak terkait sektor pertanian, kehutanan, lingkungan dan perikanan, pada Selasa (27/7/2021).

Anggota DPR RI, Komisi IV, Yessy Melania, dalam kesempatan tersebut meminta masyarakat agar lebih fokus pada satu komoditi, seperti di Desa Benua Kencana yakni di Dusun Ansok ini sudah ada potensi perkebunan kopi dan juga kakau di Dusun Jungkang dan yang memang bisa di kembang oleh setiap masyarakat setempat.

“Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang dapat lakukan mapping atau pemetaan terkait potensi komoditi yang bisa di kembang di setiap desa dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Seperti di Dusun Ansok ini sudah ada komoditi kopi dan kakau,” tambah Yessy.

Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto sebut harus ada yang menginisiasi, hingga masyarakat di pedesaan mau dan ingin bergerak, agar tidak lagi terlalu bergantung terhadap sumber mata pencaharian utama seperti karet dan sawit. Sebab potensi untuk mencapai hal tersebut sangatlah besar seperti di wilayah lahan atau hutan yang masih sangat luas.

"Contoh sederhanalah, nanam kopi, coklat, atau yang lain, silakan pilih, minimal setiap kepala keluarga di kampung itu bisa nama 5 - 10 bibit itu sudah bagus. Karena kita berpikir kedepan pemberdayaan masyarakat sangat penting, kalau masyarakatnya sejahtera, ngurus desa pun nyaman,” lanjut Sudiyanto.

Komentar

Loading...