Peristiwa

Rencana Bangun Gedung Baru, Kepala DPKD Gumas: Pembangunan Menyesuaikan Juknis

GUNUNG MAS, TimeBorneo.com –  Kepala DPKD Kabupaten Gumas Edwin Yustian sebut dana untuk pembangunan gedung baru bersumber dari pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) dengan nilai Rp 10 miliar dan sudah diusulkan di tahun depan, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Diketahui bahwa sejak tahun 2005, gedung kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Gumas belum dilakukan pembenahan. Untuk itulah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui DPKD Kabupaten Gumas telah mengusulkan ke pusat untuk pembangunan gedung baru di tahun anggaran 2022 mendatang.

Gedung tersebut nantinya akan dibangun untuk tiga lantai dan di lantai paling atas untuk ruang atau tempat membaca. Hal itu, untuk menarik minat baca dari anak-anak sekolah yang ada di wilayah setempat.

“Rencana pemanfaatan gedung itu nanti dikhususkan di lantai atas untuk taman baca untuk masyarakat umum, dan nanti akan dilakukan pelatihan juga disana. Sementara untuk gedung yang lama ini kita tetap menggunakannya untuk kearsipan daerah juga,” jelas Edwin, pada Senin (2/8/2021).

Sesuai tahun pemberian dari dana DAK tersebut, apabila ditargetkan di tahun 2022 maka pembangunan menyesuaikan lama serta harus diselesaikan pada tahun yang sama juga. Sehingga, sesuai dari juknis pekerjaan. Untuk pemanfaatannya khusus untuk gedung perpustakaan daerah,  sesuai desain yang telah disepakati.

Komentar

Loading...