Peristiwa

Kunjungi DPMPD Kaltim, Staf RI Verifikasi Dana Desa Penanganan Covid-19

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin melalui Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini terima kunjungan dari Tenaga Ahli Staf Kepresiden RI bertempat di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, pada Kamis (5/8/2021) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

“Kedatangan mereka untuk melakukan verifikasi lapangan penanganan COVID-19 dan pelaksanaan kebijakan PPKM di Provinsi Kaltim. Khususnya memastikan penggunaan Dana Desa dalam penanganan COVID-19 sesuai ketentuan,” jelas Sri Wartini.

Berdasarkan laporan penggunaan Dana Desa, untuk alokasi 8 persen sudah realisasi 100 persen di 841 desa se Kaltim. Kegiatannnya berupa pemberian bantuan masker, penyemprotan disinfektan, hingga pembuatan posko penanggulangan COVID-19 desa.

Sedangkan penyaluran BLD Dana Desa, progresnya terbilang cukup baik. Dari 7 kabupaten se Kaltim menunjukan sudah salur tahap 1 hingga tahap 6. Bahkan sudah ada yang salur tahap 9, yakni Kabupaten Berau dan Kabupaten Mahakam Ulu.

“Ada beberapa daerah yang masih lamban progres penyalurannya dipengaruhi keterlambatan progres penyaluran Dana Desanya. Diantaranya dipengaruhi kebijakan daerah bersangkutan yang membuat aturan tambahan terkait syarat penyaluran Dana Desa,” tambahnya.

Komentar

Loading...