Pemda

Tak Pakai Masker Denda 75 Ribu, Bupati Kotim: Untuk Pemasukan Daerah

ilustrasi

KOTAWARINGIN TIMUR, TimeBorneo.com – Bupati Kotawaringin Timur, H Halikinnor sampaikan penegakan hukum Peraturan Daerah (Perda) Kotawaringin Timur (Kotim) No 3 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Salah satu aturan protokol kesehatan tersebut dalam Pasal 13 Ayat 1 yaitu bagi warga yang tidak mengenakan masker, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kotawaringin Timur (Kotim) No 3 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan akan diberikan sanksi berupa denda.

Setiap orang yang melanggar disiplin prokes dengan tidak memakai masker pada tempat dan fasilitas umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (2), dikenai sanksi administratif berupa teguran lisan, teguran tertulis denda administrasi paling banyak Rp 75 ribu.

“Untuk uang tersebut akan dimasukan ke kas daerah untuk pemasukan daerah nantinya. Sanksi yang akan diberikan berupa denda Rp 75 ribu bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker. Saya harap masyarakat bisa mengetahui salah satu poin di dalam perda tersebut,”tutur Bupati pada Senin (23/8/2021).

Denda yang ada di perda tersebut bukanlah menjadi tujuan utama. Melainkan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan masyarakat agar menjalankan protkes Covid-19.  Pihaknya juga akan menerapkan sanksi sosial berupa menyapu halaman mengambil sampah dan membersihkan selokan.

Komentar

Loading...