Peristiwa

Kunjungi Kantor SAR, Suparmono: Kedepannya Perlu ALUT Berupa Kapal Baru

PONTIANAK, TimeBorneo.com – Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Muda TNI Suparmono berkunjung ke Kantor SAR Pontianak, pada 23-24 Agustus 2021.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan personil dan alat utama ( ALUT ) dan pendukung dalam pelaksanaan operasi pencarian dan Pertolongan ( SAR ) serta, mengecek pelaksanaan sea trial rescue boat 214 guna memastikan kelayakan sebelum digunakan dalam menangani kecelakaan pelayaran dan musibah di wilayah perairan Kalimantan Barat.

"Untuk geografis sendiri Kalbar ini cukup luas wilayah perairannya untuk itu kedepannya perlu ditempatkan kapal 40 Meter berbahan alumunium dengan peralatan terbaru untuk mendukung pelaksanaan operasi SAR di wilayah perairan Kalbar,”  ungkap Suparmono.

Setelah dilakukan pengecekan dan uji coba sea trial kapal rescue boat 214 milik Kantor SAR Pontianak dalam keadaan dinyatakan baik dan siap untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan di wilayah NKRI dan Kalbar pada khususnya.

“Dengan kompetensi personil pengawakan serta peralatan yang ada perlu terus dibina dan dipelihara agar dapat dioperasikan secara optimal. Kedepannya perlu didukung dengan ALUT ( alat utama ) berupa kapal baru demi mendukung pelaksanaan operasi SAR,” tambahnya.

Komentar

Loading...