Peristiwa

Penyintas Covid-19 Boleh Donor Darah, Sutarmidji: Sudah 28 Hari Sejak Dinyatakan Sembuh

PONTIANAK, TimeBorneo.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji buka pelaksanaan donor darah yang diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK ProvinsinKalimantan Barat, dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Sekretariat TP-PKK Prov Kalbar, Jl. Sutoyo Pontianak, pada Kamis (26/8/2021).

Kegiatan ini disebut sebagai momen yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tetap tenang dan tidak ragu untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi. Mengingat donor darah juga memberikan dampak yang baik bagi tubuh si pendonor.

Donor darah merupakan wujud kepedulian terhadap sesama yang dapat berguna bagi mereka yang membutuhkan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Penyintas Covid-19 yang dinyatakan sembuh boleh mendonorkan darah, asalkan sudah melewati 21-28 hari sejak dinyatakan sembuh.

“Contoh, penderita thalasemia yang sangat bergantung pada transfusi darah secara berkala. Selain itu, ibu melahirkan juga membutuhkan darah. Oleh karena itu, pendonor darah sangat dibutuhkan,” terang Gubernur.

Ketua TP-PKK Prov Kalbar yang juga istri dari Gubernur Kalbar, Lismaryani Sutarmidji menyatakan bahwa jumlah pendonor yang sudah terdaftar sebanyak 160 orang, yang akan dibagi menjadi 2 sesi, dimana masing-masing sesi terdiri dari 80 orang pendonor darah. Seluruh pendonor sudah menjalani pemeriksaan dan bisa langsung diambil darahnya.

Komentar

Loading...