Peristiwa

IDI Kaltim Raih Peringkat Ke-3, Muhammad Sa’bani: Bukti Bahwa Demokrasi Di Kaltim Terus Membaik

Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Muhammad Sa’bani

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Muhammad Sa’bani menuturkan perolehan prestasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Kaltim yang raih peringkat ke-3 pada tahun 2020 merupakan bukti bahwa demokrasi di Kaltim terus membaik, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

IDI sebagai suatu alat ukur perkembangan demokrasi yang khas dan memang dirancang untuk sensitif terhadap naik-turunnya kondisi demokrasi regional. IDI disusun berdasarkan evidence based (kejadian) sehingga potret yang dihasilkan merupakan refleksi realitas yang terjadi di Kalimantan Timur.

"Menurut saya, sangat penting untuk mengetahui sampai sejauh mana kehidupan berdemokrasi di Kaltim. Perkembangan IDI merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Semua elemen harus terlibat,” jelas Sa’bani pada Jumat (27/8/2021).

Prestasi tersebut tentunya tak lepas dari peran semua pihak baik pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam meningkatkan indeks demokrasi di Kaltim. Sa’bani menilai perkembangan IDI di Kaltim tahun 2020 Rangking 3 tanpa dibuat-buat dan murni penetapan dari Tim Ahli di Pusat. Artinya, kerjasama semua elemen di Kaltim benar-benar bekerja dengan baik.

Komentar

Loading...