Peristiwa

Beruang Sering Ke Pemukiman Warga, Muriansyah: Warga Buang Sampah Sembarangan

KOTAWARINGIN TIMUR, TimeBorneo.com – Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah sebutkan pembuangan sampah rumah tangga oleh warga secara sembarangan, bisa memicu kemunculan beruang, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Dari pantauan BKSDA Pos Sampit bahkan sampah berserakan di wilayah lingkar Utara dan Selatan Kotim. Muriansyah pun menduga bahwa maraknya kemunculan beruang di permukiman warga salah satu pemicunya adalah warga membuang sampah sembarangan.

“Dalam tumpukan sampah tadi, ada sisa makanan baik itu sisa nasi, buah dan lain sebagainya. Hal tersebut secara tak sengaja bisa mengundang beruang datang ke tempat tempat tersebut. Terlebih lagi apabila beruang tersebut dalam kondisi mencari makan alias lapar,” terang Muriansyah, pada Senin (30/8/2021).

Seharusnya, warga membuang sampah di tempat yang sudah di sediakan oleh pemerintah. Muriansyah mengaku pihaknya bahkan telah memberikan sosialisasi agar warga sekitar tidak membuang sampah di jalan atau lokasi bukan pada tempatnya. Tidak heran beruang sering muncul akibat ulah manusia yang sembarangan membuang sampah.

Komentar

Loading...