Polri

Tindak Lanjut Karhutla, Kapolres Sekadau Minta Warga Berpedoman Pada Pergub

SEKADAU, TimeBorneo.com - Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko gelar rapat dan rencana tindak lanjut penanganan karhutla di wilayah hukum Polres Sekadau, pada Senin (30/8/2021).

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan isu nasional karena efek yang ditimbulkannya sangat merugikan dan berdampak dalam berbagai sendi kehidupan. Pertemuan ini dianggap sebagai langkah menyamakan persepsi terkait langkah penegakan hukum dan langkah lainnya dalam penanganan karhutla.

“Sudah ada regulasi atau ketentuan yang mengatur karhutla seperti UU Perkebunan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Hal ini terus disampaikan agar masyarakat paham terhadap ketentuan yang berlaku. Masyarakat agar berpedoman dan sejalan dengan Pergub Kalbar nomor 103 tahun 2020, disitu sudah jelas ketentuannya,” tambah Kapolsek.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Reskrim Polres Sekadau Iptu Anuar Syarifuddin menuturkan dalam pelaksanaan operasi tetap dilakukan dengan bijak agar tidak menimbulkan respon negatif dan menyakiti masyarakat.

"Langkah preventif dan preemtif juga penting dikedepankan guna mencegah dampak negatif dari karhutla. Langkah tersebut bertujuan untuk menjaga udara di wilayah kita tetap bersih dan terhindar dari kabut asap yang merugikan semua pihak," kata Kasat Binmas Iptu Masdar.

Komentar

Loading...