Peristiwa

Sosialisasi Beneficial Ownership, Panitia Pelaksana Berharap Dapat Tingkatkan Jumlah Pelapor

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J

SINTANG, TimeBorneo.com – Wakili Bupati Sintang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, hadiri egiatan Sosialisasi Beneficial Ownership (BO), bertempat di Jasmine Orchid Room Hotel My Home Sintang, pada Selasa (31/8/2021).

Kegiatan tersebut bertemakan “Diseminasi kebijakan Terkait Pelaporan Pemilik Manfaat (Beneficial Ownership) Kepada Korporasi di Wilayah Kalimantan Barat Tahun 2021”

“Kita semua perlu untuk memahami tentang tata cara pelaksanaan penerapan prinsip mengenali pemilik manfaat dari korporasi sesuai dengan kewenangannya. Adanya informasi mengenai pemilik manfaat atau Beneficial Ownership bukan merupakan salah satu syarat untuk memperoleh pengesahan korporasi oleh otoritas yang berwenang,” tutur Yustinus J.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Krisman  Samosir mengaku dirinya berharap kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah pelapor Pemilik Manfaat (Beneficial Ownership serta mendorong Korporasi untuk melaporkan  Pemilik Manfaat (Benficial Ownership) di wilayah Kalimantan Barat.

Melalui regulasi dalam UU Nomor 8 tahun 2010, pemerintah mendorong transparansi Beneficial Ownership pada seluruh korporasi di Indonesia dengan mewajibkan penerapan prinsip mengenali pemilik manfaat dan pengungkapan Beneficial Ownership dari suatu korporasi yang bertujuan dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Komentar

Loading...