Peristiwa

Cegah Stunting, Sekda Sintang: Ibu Hamil Perhatikan Asupan Gizi

SINTANG, TimeBorneo.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, membuka kegiatan Rembuk Stunting Desa Sungai Labi Kecamatan Kelam Permai Tahun 2021,berlokasi di Balai Desa Sungai Labi, pada Kamis (2/9/2021).

Dalam kegiatan yang bertemakan “perbaiki generasimu dengan memperbaiki gizimu karena masa depanmu ada pada centimeter pertama” Yosepha ingatkan kepada ibu hamil agar sangat memperhatikan asupan gizi demi kelahiran anak yang sehat dan tentunya terhindar dari stunting.

Stunting perlu dicegah, sebab akan mempengaruhi pertumbuhan anak hingga dewasa. Supaya anak-anak tidak pendek dan pertumbuhan otak anak yang baik pula. Ke depan, anak-anak harus tumbuh secara fisik normal dan bagus, serta otaknya cerdas.

“Mencegah stunting ini bahkan dilakukan sejak rencana pernikahan akan dilakukan. Sebelum menikah, pasangan harus memahami bagaimana mempersiapkan anak yang baik, maka nanti akan lahir anak-anak yang sehat dan pintar. Pencegahan juga dilakukan sampai usia anak 2 tahun,” tutur Yosepha.

Kepala Puskesmas Kebong Kecamatan Kelam Permai, Makarina Inachulata mengingatkan agar tidak ada lagi ibu yang melahirkan pada dukun beranak. Karena dukun mempunyai kemampuan dan peralatan yang terbatas. Saat ini di desa Sungai Labi sudah ada bidan dan perawat, jadi bisa dimanfaatkan. Semua kehamilan itu beresiko, saat hamil tidak ada masalah, bisa saja saat melahirkan terjadi masalah.

Komentar

Loading...