Peristiwa

Siapkan 1 Unit Speedboat, Gubernur: Guna Melayani Masyarakat Di Pengungsian

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melakukan peninjauan terhadap sejumlah desa terisolir akibat banjir di Kabupaten Katingan,  pada Sabtu (12/9/2021) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

“Saya menempatkan 1 unit kapal cepat ( speedboat) di Kecamatan Kamipang guna melayani masyarakat di pengungsian atau penampungan sementara dan untuk penyaluran sembako dan makan siap saji juga pelayanan kesehatan,” kata Gubernur.

Gubernur mengaku kedatangan dirinya ke lokasi penampungan dan meninjau banjir warga di bantaran sungai untuk melihat secara langsung kondisi warga. Ditemukan bahwa semua rumah terendam dan yang mengharuskan mereka ke penampungan untuk mengungsi sementara.

Nampak ratusan rumah warga yang berada di bantaran sungai terendam banjir setinggi hampir 2 meter. Kondisi ini mengakibatkan 700 jiwa warga desa yang berada bantaran sungai sebagian besar meninggalkan rumah untuk mengungsi.

Dan kalaupun ada yang bertahan, hanya warga yang memiliki rumah diatas sungai atau istilahnya rumah lanting (rumah yang pondasinya terbuat dari batang kayu dan mengapung diatas sungai).

Sementara itu, Sekretaris Desa Asem Kumbang, Heri Susanto menyebutkan bahwa  warga sudah sudah empat hari di penampungan dan semua warga yang berada di lokasi merupakan warga yang rumahnya berada di bantaran sungai, serta pihaknya telah menyediakan dapur umum. Apabila terdapat warga yang sakit, akan langsung rujuk ke rumah sakit atau dokter datang ke lokasi penampungan.

Komentar

Loading...