Pemda

Susun Perdes Tentang Pengelolaan Hutan, Sekda Sintang: Sesuaikan Dengan Situasi Masing-masing

SINTANG, TimeBorneo.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah buka kegiatan Training of Trainer Penyusunan Peraturan Desa Tentang Perencanaan Dan Pengelolaan Areal Berhutan Di Area Penggunaan Lain di Kabupaten Sintang, bertempat di Aula Serantung Waterpark Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, pada Senin (13/9/2021).

Desa memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional karena berbagai jenis kebijakan pembangunan nasional akan bermuara pada pembangunan di desa. Oleh karena itu, maka pemerintahan desa menjadi ujung tombak pelaksanaan pembangunan di Indonesia.

“Namun kita sadari, belum semua desa di Kabupaten Sintang memiliki kemampuan teknis dalam menyusun peraturan desa yang baik. Masih banyak desa yang memiliki keterbatasan dalam menyusun peraturan desa secara mandiri dan mengakses layanan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas teknis perangkat desa mereka” tutur Yosepha

Adapun tujuan Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan surat penetapan hutan ekobudaya dan hutan tutupan ini adalah agar masyarakat dapat melindungi sumber daya alam hayati yang memiliki nilai konservasi tinggi berdasarkan kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat.

“Kami sangat mendukung pelatihan penyusunan peraturan desa ini. Pemerintah Kabupaten Sintang berharap desa-desa yang telah memiliki surat penetapan hutan tersebut dapat secara mandiri menyusun peraturan desa untuk pengelolaan hutan di APL tersebut, sesuai dengan kebutuhan dan situasi di desa masing-masing” tambah Yosepha.

Komentar

Loading...