Pembangunan

Membangun Desa Perlu Dukungan Masyarakat

SANGGAU, TimeBorneo.com - Pembangunan Desa Suka Mulya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau,kini mengalami kemajuan. Desa yang berpenghuni mayoritas warganya, sebagai transmigrasi itu,kini jalan masuk ke desa tersebut sudah cukup lumayan bagus dibanding beberapa waktu sebelumnya. Hal itu dibeberkan Feru salah satu warga Sanggau, Sabtu (18/9/2021).

Dikatakan Feru,ia sering keluar masuk ke desa tersebut, mengunjungi keluarganya,bahkan beberapa bulan ini memang tidak ke Sukamulya karena jalan rusak.

"Namun ketika kemaren kesana, saya
kaget melihat jalannya sudah bagus
Bahkan masih ada kegiatan pembangunan lainnya," kata Feru.

Kepala Desa Suka Mulya,kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau Supriyanto ketika ditemui wartawan Sabtu (18/09/2021) mengatakan,ia menjabat sebagai kepala desa Suka Mulya ini sejak 2017, tertuang dalam SK Bupati sgu 21 juni tahub 2017.

"Kepala Desa itukan kepanjangan tangan Bapak bupati, untuk membangun didesa,ketika saya terpilih jadi kades,saya harus siap membangun desa ini bersama masyarakat tanpa dukungan masyarakat untuk membangun. saya ini tidak bisa berbuat," kata Kades.

"Kegiatan yang kita kerjakan harus berpedoman pada visi dan misi Bupati,dan dirasakan manfaatnya oleh warga,seperti pengerasan jalan bangun irigasi,"sambungnya.

Menurutnya, kunci Keberhasilan Pembangunan itu tentunya tidak terlepas dari sektor keamanan dan bersifat Gotong royong, apabila ini bagus ia yakin pembangunan akan berjalan dengan baik katanya.

"Masyarakat kami ini di Suka Mulya, bermata pencaharian sebagai
petani dan buruh tentunya yang sangat dibutuhkan,tersedianya jalan yang memadai, agar masyarakat dapat memasarkan hasil panen pertaniannya keluar dengan fasilitas jalan yang baik,"katanya.

Selain itu juga banyak warga ada yang bergerak di bidang home industri seperti membuat tempe dan tahu serta makanan ringan lainnya.

"Semuanya dipasarkan ke Sosok, Bodok dan ke Sanggau,beruntung jalan kita sudah bagus,merekapun semangat memasarkannya.Hasil pertanian warga sini,seperti sayur mayur dan umbi umbian dipasarkan ke Sosok dan Sanggau,sekarang jalan sudah bagus,"ungkapnya.

"Tahun ini,kita sedang membangun rabat beton yang masih dalam tahap penyelesaian,pasar desa serta
penyelesain pembangunan rumah ibadah,mudah mudahan apa yang kita kerjakan itu bermanfaat untuk masyarakat," pungkas Kades.

Komentar

Loading...