Pemda

Tolak Aktivitas Pertambangan Di Kalteng, Pernyataan Gubernur Jadi Pro Dan Kontra

Gubernur  Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com - Gubernur  Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta pihak dari Kementerian ESDM buat tidak menurunkan izin terlebih dahulu kepada perusahaan yang telah mengajukan izin terlebih dahulu, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Pernyataan tersebut akhirnya menjadi pro dan kontra bagi sebagian besar kalangan. Pernyataan tersebut berdasarkan dampak negatif pada lingkungan hidup akibat aktivitas pertambangan seperti bencana Banjir sebagai  salah satu bencana yang dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah besar.

Bukannya memberikan dampak positif kepada masyarakat di sekitar, justru kegiatan pertambangan hanya akan mewariskan lubang dengan ukuran besar. Selain itu bahkan sebagian besar juga belum memperoleh reklamasi. Gubernur mengaku bahwa sudah membentuk tim Satgas Pengawasan berisi para Tim Teknis maupun Forkopimda buat mengingatkan masalah keterpaduan kerusakan lingkungan.

Akibat dari itu, pihaknya sendiri meminta kementerian ESDM buat tidak melakukan perpanjangan izin terhadap pertambangan dimana masa kontraknya telah habis. Ia sendiri merasa bahwa pertambangan tersebut hanya memberikan dampak buruk terhadap lingkungan atau pun masyarakat.

Komentar

Loading...