Pemda

Bahas Raperda APBD Perubahan, Bupati Sanggau: Maksimalkan Penyerapan Anggaran

SANGGAU, TimeBorneo.com - Ketua DPRD Sanggau Jumadi, mimpin Rapat Paripurna Ke-12 Masa Persidangan Ke-3 Tahun Sidang 2021, berlokasi di lantai II Sekretariat DPRD Kabupaten Sanggau, pada Selasa (21/9/2021).

Adapun Rapat Paripurna tersebut membahas tentang Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021. Adapun dasar melakukan perubahan APBD sebagaimana imi di atur dalam pasal 161 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuagan Daerah.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyebutkan tahapan dan proses yang harus dilalui oleh pemerintah daerah dalam rangka melakukan penyesuian terhadap target pendapatan dan rencana belanja daerah serta pembiayaan daerah.

“Seluruh perangkat daerah terutama perangkat daerah yang mengelola dana alokasi khusus (DAK) Fisik agar memaksimalkan penyerapan anggaran dengan tetap mempedomani petunjuk teknis dari kementrian serta peraturan tentang pengelolaan keuangan dan pengadaan barang dan jasa,” tutur Bupati.

Perubahan belanja daerah terutama diupayakan melalui pergeseran anggaran sedangkan penambahan belanja dilakukan sebagai akibar dari perubahan regulasi dan mekanisme penganggaran dalam APBD serta pemenuhan kebutuhan belanja program dan kegiatan pelayanan masyarakat dan pembangunan daerah.

Komentar

Loading...