Pemda

Mentoring Pengelolaan Arsip, Kadis DKP3A Kaltim: Masih Kurang Baik

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita

SAMARINDA, TimeBorneo.com  - Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita hadiri Bimtek Pendokumentasian dan Penatausahaan Dokumen Administrasi Kependudukan Provinsi dan Kab/Kota se-Kaltim Tahun 2021, di Hotel Selyca Mulia, pada Kamis (23/9/2021) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Dalam kesempatan tersebut Noryani Sorayalita menyampaikan hasil monitoring Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, bahwa pengelolaan arsip administrasi kependudukan secara umum masih kurang baik. Contohnya belum memiliki ruang arsip tersendiri yang memenuhi standar sehingga arsip-arsip seperti buku register masih terlihat berserakan dibeberapa tempat.

“Tidak perlu menunggu banyak, dengan dilengkapi berita acara pemusnahan sebagaimana tertuang dalam Permendagri 104 Tahun 2019 untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan apalagi Tahun 2021 adalah tahun pencanangan peningkatan kualitas layanan adminduk,” tutur Noryani Sorayalita.

Menurutnya Petugas harus memahami dan menguasai cara mengelola arsip, mengklasifikasikan dan mengkodefikasikan arsip yang baik sehingga mudah dicari dan ditemukan apabila dibutuhkan. Hal ini sangat penting dan strategis, mengingat permasalahan pengelolaan arsip yang sering ditemui adalah sulitnya menemukan kembali dokumen lama yang telah diterbitkan.

Komentar

Loading...