Peristiwa

Tenaga Kerja Minta Perlindungan Disnakertrans, Roni Fauzan: Kami Hanya Sebagai Mediasi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau Roni Fauzan

SANGGAU, TimeBorneo.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau Roni Fauzan, jawab pertanyaan salah seorang tenaga kerja yang minta perlindungan karena dipecat, bertempat di ruang kerjanya, pada kamis (23/9/2021).

Nakertrans hanya bisa mengkoordinasikan dan  memberikan masukan kepada pihak perusahaan  dari segi kemanusian, mengingat yang bersangkutan sudah pegawai tetap, punya tanggungan keluarga, untuk hasil akhir merupakan keputusan dari perusahaan.

“Kami hanya bisa sebagai Mediasi. Tidak dapat mengambil keputusan jika seseorang Tenaga kerja diberhentikan dari perusahaannya. Setelah diketahui penyebabnya, selanjutnya dilakukan koordinasi dengan pihak perusahaan yang bersangkutan,” tutur Roni Fauzan.

Roni Fauzan mengaku bahwa pandemi tidak berpengaruh terhadap PHK di Sanggau, bahkan produksi perusahaan meningkat ditambah harga sawit cukup bagus.  Untuk itu, pihak perusahaan agar tetap  melaksanakan protokol kesehatan karena ini penting jangan hanya mengejar produksi kesehatan dilalaikan.

Disnakertrans memiliki beberapa wewenang seperti Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), Izin Operasional Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh, Kartu dan Izin Ketenagakerjaan, Izin kerja, hingga Izin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Warga dapat mengurus izin Disnakertrans melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Disnakertrans ini. Segera kunjungi kantor Disnakertrans terdekat ini untuk informasi syarat mengurus izin Disnakertrans, biaya (jika ada) dan lainnya.

Komentar

Loading...