Peristiwa

Tanggapi Fenomena Kematian Ikan, Kadiskan Banjar Lakukan Pengujian Sampel

BANJAR, TimeBorneo.com  – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Muhammad Riza Dauly melakukan peninjauan ke lokasi budidaya ikan di Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura Kota, pada Rabu (23/09/2021) seperti diberitakan dalam Habarkalimantan.com [jaringan TimeBorneo.com].

Peninjauan tersebut digelar sebagai bentuk tanggapan terhadap fenomena ribuan ekor ikan yang mati diduga akibat cuaca yang tidak menentu (Ekstrem).

Dari hasil peninjauan Kadiskan ke lapangan,  Riza mengaku pihaknya telah melakukan serangkaian pengujian pada kualitas air baik dari PH (Keasaman Air) maupun kadar Oksigen di air. Setelah dilakukan pengujian kualitas air dari segi PH dan Kadar Oksigen masih tergolong baik.

Sementara itu, terkait kualitas air di luar kawasan budidaya Riza mengatakan bahwa itu bukan merupakan wewenang pihaknya (Diskan), namun merupakan wewenang Dinas Lingkungan Hidup untuk uji kualitasnya.

“Selanjutnya kami akan melanjutkan pengujian dengan mengambil beberapa sampel seperti nitrat, nitrit dan amonia guna memastikan penyebab utama kematian ikan-ikan tersebut. Kita akan dalami lagi apa penyebab utama selain dugaan sementara yakni iklim,” kata Riza.

Komentar

Loading...