Peristiwa

Jual Baling-Baling Perahu Hingga Keluar Negeri, UMKM Saranjana Grup Mampu Hasilkan Belasan Juta

KOTABARU, TimeBorneo.com – Muhammad Kasful Anwar, selaku penggagas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Saranjana Grup mampu hasilkan belasan juta rupiah dalam setiap bulan dari hasil kerajinan yang digelutinya yakni kipas atau baling-baling perahu berbahan kuningan, seperti diberitakan dalam Habarkalimantan.com [jaringan TimeBorneo.com].

Pria kelahiran 1982 ini merupakan ayah dari 3 anak yang tinggal di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, jebolan pondok pesantren Darussalam Martapura sebutkan bahwa bahan baku jadi baling-baling perahu mampu dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Nigeria dan Colombia.

“Alhamdulillah, awalnya UMKM Saranjana Grup ini terbentuk di tahun 2020 lalu dan sekarang dalam sebulannya kami mampu menghasilkan sebesar Rp 18 juta, dengan hanya belajar secara otodidak dan banyak bertanya kepada teman akhirnya kami mampu membuktikan bahwa kami bisa,” ungkap Kasful.

Hingga sekarang penghasilan UMKM Saranjana Grup hingga bulan Agustus 2021 mencapai Rp59 juta lebih dengan penjualan sebanyak 928 buah baling-baling, dan hal itu pastinya menjadi suatu kebanggaan meskipun dengan keterbatasan alat dan tempat namun produknya banyak digemari.

“Kami tidak menyangka, pemasaran mereka sudah sampai ke beberapa negara dan itu menjadi kebanggaan tersendiri. Yang jelas, kedepan potensi itu akan kita kembangkan lagi, dan kedepan kami juga menghendaki potensi mereka semakin dikembangkan lagi dan kami siap membantu,” kata Kepala Desa Tarjun, Sahrani.

Komentar

Loading...