Peristiwa

Gernas BBI, Kaltim Tampilkan Komoditas Lidi Sawit, Arang Kayu Halaban Dan Lada Hitam

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin

SAMARINDA, TimeBorneo.com  - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menyebutkan tiga Bumdes akan ditampilkan pada Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Oktober mendatang, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Diketahui bahwa ketiga Bumdes tersebut yaitu pertama Bumdes Bina Mandiri dari Desa Muara Badak Ulu, kedua Bumdes Karya Prima dari Desa Salo Palai dan ketiga Bumdes Marenu dari Desa Batu-Batu. Dengan komoditas yakni Lidi Sawit, Arang Kayu Halaban dan Lada Hitam.

Syirajudin menjelaskan untuk komoditas Lidi Sawit terdapat di tiga desa yakni Desa Muara Badak Ulu, Desa Salo Palai dan Desa Batu-Batu.  Sementara Arang Kayu Halaban terdapat di dua desa yaitu desa Muara Badak Ulu dan  Desa Batu-Batu. Untuk yang lebih banyak potensi bahan bakunya berada di desa Muara Badak Ulu. Sementara itu, Lada Hitam terdapat di Desa Salo Palai.

Lebih lanjut, tiga komuditas ini juga bisa memancing Bumdes di 7 Kabupaten dan Kota agar produknya tidak dipasarkan di lokal saja melainkan bisa di expor ke luar. Banyak produk-produk yang bisa di expor seperti di  Bumdes yang bergerak di bidang ukiran dari bahan ulin.

“Kegiatan Gernas BBI akan dilaksanakan pada akan digelar pada 12 Oktober, dipusatkan di Planery Hall dan Exebitions Convention Hall Sempaja Samarinda. Bertepan peluncuran Gernas BBI Juga akan dilakukan ekspor pedana arang kayu halaban yang didapat dari limbah perusahan eksplotasi minyak bumi di wilayah desa setempat,” ungkap M Syirajudin, pada Senin (27/9/2021).

Komentar

Loading...