Peristiwa

Kurangi Pengangguran Naker Lokal, Disnakertrans Kotim Kerja Sama Dengan Perusahaan Setempat

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotim M Fuad Siddiq

KOTAWARINGIN  TIMUR, TimeBorneo.com  – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotim M Fuad Siddiq, sebutkan cara turunkan tingkat pengangguran tenaga kerja lokal melalui kolaborasi balai latihan kerja dan dunia usaha pada disnaker, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Artinya dalam strategi itu termuat bagaimana kehadiran disnakertrans dalam menekan angka pengangguran di Kotim. Salah satu solusi yang pihaknya tawarkan yakni para pencari kerja atau pencari kerja serta lakukan pelatihan skil. Selain itu pula, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan perusahaan setempat.

“Kerjasama awal ini kita lakukan dengan perusahan besar swasta bidang perkebunan yakni PT SSM atau Sukajadi Sawit Mekar. Inilah bentuk inovasi kita untuk menekan angka pengangguran di Kotim. Bahkan, tidak ada lagi anggapan tenaga lokal tidak diperhatikan,” tutur M Fuad Siddiq, pada Selasa (28/9).

Dipaparkan lebih lanjut bahwa pada tahun 2021 terdapat  14 paket dalam penyelenggaraan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja atau BLK. Dalam 1 tahun ada 3 kali waktu kegiatannya. Untuk kegiatannya juga dilihat mangsa pasarnya. Misalnya montir bengkel, montir listrik serta penjahit.

Komentar

Loading...