Kriminalitas

Ekonomi Jadi Alasan, Dua Sekawan Nekat Curi Kotak Amal Masjid

KOTAWARINGIN TIMUR, TimeBorneo.com – Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Jaya Karya Iptu Triawan Kurniadi membenarkan peristiwa penangkapan dua sekawan berinisial Sub dan Kl mencuri kotak amal Masjid Raudah, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Diketahui bahwa keduanya mencuri di dalam warung milik Rustam Jalan Kalap Paseban Rt 005 Rw 002 Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Kotim dengan alas an ekonomi.

Kronologis kejadian tersebut berawal pada saat, Sub menjemput Kl dari rumahnya. Kemudian merencanakan pencurian kotak amal milik Masjid Raudah yang berada di warung korban yakni Rustam. Sekitar pukul 02.30 WIB, Sub masuk kedalam warung milik korban melalui lobang angin-angin atas pintu belakang dengan cara dipanjat.

Selanjutnya, pelaku Kl menunggu diluar melihat situasi. Kemudian Sub mengambil kotak amal dan keluar melalui pintu depan warung dengan terlebih dahulu membuka kunci palang pintu. Setelah berhasil keluar, keduanya membawa kotak amal tersebut ke pinggir kolam bekas peliharaan ikan dan mengambil uangnya setelah itu kotaknya dibuang ke dalam kolam dan uangnya dibawa pergi.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu buah kotak amal terbuat dari almunium dan kaca dalam kondisi rusak dan pecah, Sisa uang receh sebesar Rp. 22.000 (dua puluh dua ribu rupiah), satu lembar baju kaos warna hitam, satu lembar celana jeans panjang, satu  lembar baju kaos warna merah hiram terdapat tulisan insight dan satu lembar celana kaos pendek warna abu-abu

“Atas kejadian tersebut korban merasa keberatan dan melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polsek Jaya Karya. Kerugian materil atas kejadian tersebut kurang lebih sebesar Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Kedua tersangka di sangkakan Pasal 363 ayat (1) ke-3e, 4e dan 5e KUH Pidana,” ungkap Kapolsek pada Jumat (1/10/2021).

Komentar

Loading...