Peristiwa

Pengerukan Sungai Di Haringen, Abah Ulfa Antusias Dampaknya Hingga Ke Magantis

BARITO TIMUR, TimeBorneo.com  – Abah Ulfa, seorang warga Desa Magantis dengan antusias mengungkapkan bahwa Aliran sungai kecil di Desa Magantis, yang menghubungkan dengan Desa Haringen, rencananya akan mulai dikeruk, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Meski pengerukan utamanya dilakukan di Haringen, tapi tetap akan berdampak sampai di Magantis. Yaitu mengurangi risiko over debit air saat musim hujan. Maklum, sungai kecil yang menjadi penghubung dua desa di Kecamatan Dusun Timur tersebut, sering meluap manakala intensitas curah hujan meninggi.

“Tapi tidak apa-apa. Kalau di Haringen dilakukan penggalian, risiko meluapnya air ke kebun-kebun kami juga akan berkurang. Sama bagusnya. Moga-moga tahun mendatang, yang di Magantis, juga akan digali lebih dalam lagi, kalau usulan kami dapat masuk pada tahun ini,” kata Abah Ulfa, pada Sabtu (2/10/2021).

Namun demikian, ada juga berkah dari seringnya air sungai kccil tersebut meluap hingga ke anak sungai yang lebih kecil dan kebun-kebun karet warga Magantis. Yaitu, ikan jenis gabus, sepat sungai bahkan anak baung, sering mereka temukan begitu luapan air surut.

“Cuma, kami tetap berharap agar pengerukan juga mencapai di sungai kecil desa kami ini. Bukan bertendensi mendapatkan apa-apa dari pelaksanaan proyek, tapi semata agar luapan air sungai kecil tersebut tidak mengganggu aktifitas para pekebun karet,”  tambahnya.

Komentar

Loading...