Peristiwa

Wagub Kaltim: Bersyukur Miliki Pancasila Sebagai Ideologi

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Wakil Gubernur Hadi Mulyadi hadir dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021 di tingkat pusat yang berlokasi di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur secara virtual, pada Jum'at (1/10/2021) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Adapun Hari Kesaktian Pancasila pada 2021 mengangkat tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila". Pada tahun ini upacara Hari Kesaktian Pancasila sudah dapat dilakukan secara langsung namun terbatas dan tentunya diikuti secara virtual dengan format yang lebih sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Ideologi Pancasila menjadi pemandu arah bagi bangsa Indonesia. Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara harus memiliki rasa kesatuan dan persatuan. Pancasila sebagai ideologi negara adalah sarana pemersatu masyarakat dan pengarah motivasi bangsa untuk mencapai cita-cita,” kata Hadi.

Dan Pancasila sebagai ideologi negara secara lebih luas adalah visi atau arah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Visi tersebut adalah terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Hadi juga menegaskan bahwa warga negara Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila sebagai ideologi yang menyatukan bangsa Indonesia dengan berbagai suku dan budaya yang beragam.

Komentar

Loading...