Peristiwa

Banjir Kembali Rendam Kabupaten Katingan, Roby: Intensitas Hujan Dan Sungai Meluap

KATINGAN, TimeBorneo.com – Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Roby sampaikan bahwa  beberapa kecamatan di Katingan bagian utara atau hulu kembali digenangi banjir. Terutama Kecamatan Katingan Hulu, Marikit dan Petak Malai, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Diketahui bahwa intensitas hujan yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir mengakibatkan bagian hulu Katingan kembali terendam banjir. Banjir jaga telah merendam pemukiman warga di Tumbang Sanamang, Katingan Hulu, yang juga merupakan dampak dari DAS Sungai Katingan yang meluap.

“Jika wilayah Katingan Hulu terendam banjir, maka di kecamatan yang ada dibawahnya terutama Kecamatan Marikit juga akan ikut terdampak banjir. Kecamatan Marikit merupakan wilayah hilir dari Katingan Hulu. Maka, jangan jangan heran jika kedua wilayah ini terdampak banjir akibat aliran sungai Katingan,” tutur Roby, pada Minggu (3/10/2021).

Disisi lain, intensitas hujan yang begitu besar juga membuat air sungai Sungai Baroi naik dan mulai merendak wilayah Kecamatan Petak Malai. Namun, ketinggian air di kecamatan ini tidak begitu parah. Sedangkan di area sungai Samba bagian hulu juga dalam kondisi ketinggian air sungai naik jika dibandingkan dari hari sebelumnya.

Komentar

Loading...