Peristiwa

Wow! Abon Ikan Asin Layur Asal Kaltim Dipasarkan Sampai Eropa

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Amiroh, seorang Ibu Rumah Tangga yang berasal dari Kota Beriman, Balikpapan berhasil membawa Ikan Asin Layur yang dijadikan olahan abon ke pangsa pasar lokal hingga internasional, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Amiroh mengaku hal ini berawal dari keprihatinan melihat ikan layur yang ada di pasaran kurang menarik pembeli meskipun jumlahnya sangat banyak. Lalu muncul sebuah ide dan keyakinan bahwa ikan layur harus bisa diberdayakan. Ditambah ide ini muncul ketika pandemi dan ingin mengangkat perekonomian masyarakat di sekitar tempat tinggal.

“Saya tidak membutuhkan banyak modal untuk membeli freezer atau sebagainya. Alasan lainnya, ikan layur ini banyak di pasar tapi tidak dilirik orang. Jadi saya harus bisa berdayakan. Tidak salah, ikan asin layur yang kami pakai ini rasanya mendekati daging. Bisa dibuktikan. Banyak yang gak percaya kalau ini ikan asin layur,” tutur Amiroh.

Selain Eropa, produk abon ikan asin layur ini bahkan laris manis hingga ke Timur Tengah. Karena banyak warga Indonesia yang bermukim disana maupun jamaah haji yang tetap ingin mengonsumsi ikan dalam perjalanannya selama di tanah suci. Hal lain yang membahagiakan, adanya pemantik yang agar mengusulkan produk ini ke Kementerian Agama untuk bisa dijadikan oleh-oleh jemaah haji.

Diketahui bahwa Gernas BBI Kaltim 2021 ini juga akan menjadi momentum pertumbuhan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang mana sebanyak 150 UKM ikut serta ambil bagian di dalamnya. Momen besar ini tentu sekaligus mendorong motivasi baru bagi pelaku usaha di Kaltim untuk semakin maju dan kreatif. Terutama usaha yang telah dikelola oleh BUMDes di Benua Etam.

Komentar

Loading...