Vaksinasi Massal

Dinkes Kapuas Bolehkan Penyintas Covid-19 Yang Dalam Sebulan Sudah Sembuh Untuk Vaksin

KAPUAS, TimeBorneo.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, melalui Kabid P2PM dr Tonun Irawati Panjaitan sampaikan bahwa penyitas Covid-19 diperbolehkan menerima suntikan vaksinasi setelah dinyatakan sembuh setelah satu bulan dengan hasil SWAB negative, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Sesuai dengan surat tanggal 29 September 2021 Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ditanda tangani dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi Covid-19 dalam aspek ilmiah dan medis bersifat dinamis dan terus mengalami perkembangan.

“Dengan demikian telah ditentukan penyintas dengan derajat keparahan penyakit ringan sampai sedang vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal 1 bulan setelah dinyatakan sembuh. Sebelumnya untuk penyintas dengan derajat keparahan penyakit yang berat vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal 3 bulan setelah dinyatakan sembuh,” ungkap Tonun Irawati Panjaitan, pada Senin (4/10/2021).

Hal ini sesuai dengan Surat Ederan HK.02.01/I/2524/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi penyintas. Pasien penyitas Covid-19 dinyatakan sembuh harus menunjukan surat SWAB negatif, baru bisa merima suntikan vaksinasi. Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada penyintas disesuaikan dengan logistik vaksin yang tersedia.

Komentar

Loading...