Peristiwa

Disdukcapil Palangka Raya Buat Sistem Validasi Data Online, Supriyanto: Tidak Perlu Ke Disdukcapil

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Supriyanto

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Supriyanto ungkapkan dengan mempertimbangkan kondisi masih Pandemi covid-19, maka pihaknya berinisiatif membuat sistem pelayanan berupa Validasi Data dan NIK Online, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Hal tersebut dipertimbangkan agar masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke Disdukcapil. Supriyanto menegaskan kedepan pihaknya akan terus mengembangkan fasilitas Validasi Online ini, serta mempersiapkan aplikasi Antrian Online yang merupakan karya dari Staf Disdukcapil Kota Palangka Raya.

“Masyarakat cukup membuka Website Disdukcapil Kota Palangka Raya dengan alamat https://disdukcapil.palangkaraya.go.id. Kemudian pada halaman utama klik widget Validasi NIK dan Data Kependudukan Kota Palangka Raya, lalu silahkan isi form yang tersedia dengan wajib menyertakan alamat e-mail yang valid,” tutur Supriyanto pada Selasa (5/10/2021).

Supriyanto mengaku hingga saat ini pihaknya masih menemukan adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) masyarakat yang tidak terdaftar atau tidak valid. Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yakni adanya masalah dalam sistem pencatatan atau human error atau adanya kesalahan atau kekeliruan dalam memasukan NIK.

Komentar

Loading...