Peristiwa

Beri 8300 Benih Ikan Nila, Hansli Gonak: Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

GUNUNG MAS, TimeBorneo.com – Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gumas mengatakan pihaknya mulai mendistribusikan 8300 benih Ikan Nila dan pakan, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Benih dan pakan ikan nila yang disalurkan kepada 10 orang dari kelompok tani Petak Kasambuyan, di Desa Hurung Bunut Kecamatan Kurun diharapkan mampu mencapai ketahanan pangan. Hal ini mengingbat sekitar 70 persen kebutuhan ikan di Kabupaten Gumas masih didatangkan dari luar wilayah Gumas.

“Kedepannya direncanakan mengumpulkan para pembudidaya ikan, untuk mengumpulkan, sehingga ada keseragaman harga, dan walaupun ada persaingan namun, sehat. Terutama luas lahan untuk kolam ikan masih sangat luas,” tutur Bupati, pada Selasa (5/10/2021).

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak mengatakan, pada tahun 2021 pihaknya telah menyalurkan  sebanyak 252.000 ekor, terdiri dari benih ikan nila 42.000 ekor, benih ikan gurami 77.000 ekor, benih ikan patin 46.000 ekor, dan benih ikan lele 85.000 ekor. Sedangkan pakan ikan yang disalurkan sebanyak 32 ton.

Benih ikan yang disalurkan pada tahun 2021, diperkirakan akan menghasilkan produksi ikan sebesar 96 ton, dimana memberikan sumbangsih 0,5 persen dari target produksi kabupaten sebesar 2.000 ton. Terkait apa yang sudah dan akan disalurkan oleh DPKP mampu meningkatkan perekonomian keluarga, meningkatkan produksi perikanan, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Komentar

Loading...