Peristiwa

264 Sarang Walet Belum Ada IMB, Camat Selat: Kontribusi Bayar Pajak

KAPUAS, TimeBorneo.com – Camat Selat Yaya Setiabudi berdasarkan data di 8 Kelurahan dan 2 desa yang telah dikumpulkan di dapati bahwa 359 bangunan sarang walet dan 264 bangunan diantaranya belum mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Sebelumnya Yaya mengaku bahwa pihaknya telah melakukan rapat bersama di Aula kantor Bupati Kapuas dalam rangka percepatan bangunan sarang walet yang sudah IMB dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah(PAD).
Kemudian dilakukan rapat terbatas antara lurah dan kepala desa terkait empat komponen persyaratan untuk membangun bangunan sarang burung walet.

“Makanya dari pendataan banyak sekali bangunan sarang walet tidak sesuai dengan syarat komponen untuk mendapat IMB. Syarat mendirikan sarang walet diantaranya tidak boleh dekat dengan sarana prasarana rumah ibadah, Sekolah,Kesehatan dan garis sepadan sungai,” ungkap Yaya pada Jumat( 8/10/2021).

Yaya meminta masyarakat yang membudidaya sarang burung walet yang memiliki gedung sarang burung agar selalu bersinergi dan transparansi dengan pihak Pemerintah Kecamatan terkait IMB apabila ingin mendirikan bangunan sarang walet serta berkontribusi membangun daerah dengan membayar pajak IMB dan retribusi hasil pajak walet untuk PAD.

Komentar

Loading...